Pusat Informasi Berita Viral | Gaya Hidup | Life Hacking | Wisata | Download

Bisnis

Ulang Tahun ke-65, Astra Bantu Desa Wisata Hariara Pohan Rp 400 Juta

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni mendatang, Astra mengadakan penanaman pohon dan pemasangan solar panel dalam acara Festival Lingkungan Astra 2022 bertema “Climate Action, Through Community Development” yang diadakan di Samosir, Sumatra Utara kemarin sore (30/5/2022).

Acara ini membuka rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Astra Wilayah Sumatra dengan mengusung tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Juni 2022 mendatang melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, M.M., Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dan Chief of Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso.

Baca Juga : Lama tak Dapat Tawaran Manggung, Nissa Sabyan Malah Disoraki Penonton hingga Dihujat Netizen

“Pada peringatan ulang tahun yang ke-65 ini, Astra akan memasang 65 solar panel di 65 Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA) yang tersebar di seluruh Indonesia serta menanam secara bertahap 65.000 pohon di Kabupaten Samosir dengan sistem agroforestri pada tahun ini. Semoga hasil penanaman pohon yang didapat nantinya bisa memberikan dampak positif dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Apresiasi dan harapan serupa juga disampaikan oleh Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, M.M. “Kami berterima kasih kepada PT Astra International Tbk telah memilih Kabupaten Samosir sebagai lokasi program penanaman pohon dan pemasangan solar panel dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon yang ada di atmosfer dan mencegah terjadinya perubahan iklim. Kami berharap program CSR ini dapat berkelanjutan dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat serta dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pengembangan desa-desa wisata, pemberdayaan lingkungan, dan
masyarakat,”ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara yang telah memasuki tahun keenam ini.

Program penanaman pohon akan dilakukan di lahan seluas 125 hektar di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara dengan target 139.700 pohon selama dua tahun ke depan dengan sistem agroforestri untuk membantu mengoptimalkan hasil penggunaan lahan secara berkelanjutan.

Masyarakat DSA Hariara Pohan diharapkan dapat menikmati panen perkebunan dari
tanaman produktif yang ditanam, sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian desa.

Selain itu, Astra juga melakukan pemasangan solar panel yang dilakukan di lokasi yang belum memiliki jaringan listrik, yaitu di kantor lapangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) DSA Hariara Pohan.

Pada kesempatan kali ini, Astra juga mengapresiasi tokoh penggerak atau local champion desa yang secara konsisten mengupayakan peningkatan taraf hidup masyarakat dan berinovasi dalam berbagai kesempatan dengan menyerahkan donasi senilai Rp400 juta untuk mengembangkan DSA Wilayah Samosir (Desa Hutatinggi, Desa Hariara Pohan, dan Desa Cintadame) menjadi desa wisata berkelanjutan.

Recommended Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.